Tutorial Membuat Aplikasi di Android Studio Super Lengkap (API, SDK, Layout, Name)

Muh Hadi Abdul Aziz

Saya adalah seorang developer muda yang masih mencari pengalaman diri dan bercita-cita mengembangkan industri kreatif di Indonesia. Jika anda memiliki pendapat tentang tulisan saya, sampaikan pendapat anda melalui komentar di bawah.

Mungkin Anda juga menyukai

57 Respon

  1. bani adam berkata:

    Om bisa bantu ngga ?

  2. Otoclash berkata:

    Bang, ada tutorial membuat blog wordpress dengan android studio gak? Tapi pakai rest api json wordpress bukan yang sekedar webview saja?

  3. dimas berkata:

    keren gan, kalo buat game app kecil2an pakai ini bisa ga ya?

  4. emilda berkata:

    bikin layout pake photoshop bisa ga bang ?

  5. Rizky fadillah berkata:

    kak bisa bantu saya buat project aplikasi android studio gak buat perkuliahan dan boleh minta kontaknya gak? Terima kasih

  6. okky berkata:

    gan punya saya kok Menambah Activity (Add an Activity to Mobile) cuma 2 pilihan ?

  7. Sthevon berkata:

    Malam mas, bisa ajarin buat program android sederhana gk ya. Mau sekalian belajar juga.
    Hanya untuk input, edit, lihat dan hapus data vendor/supplier & data barang/material.
    Berikut email saya sthevonchang@gmail.com jika mas bersedia ajarin.
    Terima kasih.

  8. Doko berkata:

    Makasih Tutorialnya bang

  9. silveraku berkata:

    bisa sharing cara buat aplikasi Shutdown, Restart dengan android studio?

  10. rodi berkata:

    Bang bisa bikin aplikasi seperti gojek kah?

  11. riccosafiira berkata:

    Tutorial sangat bermanfaat..
    Pas banget utk saya sbgai pemula. Ingin belajar membuat applikasi ttg kesehatan . biar lebih bermanfaat ilmunya jugaaa…
    Trmksih tutorialnya bg yaaa..
    Terus berjayaaa…

  12. Suwondo berkata:

    Mas bahan untuk membuat apk apa aja?

  13. syarif berkata:

    mas bisa buat e book lewat android studio?

    • Salam kenal Mas Syarif.
      Ya, kita bisa membuat aplikasi ebook untuk membaca format file seperti PDF, EPUB, dsb

      • Agus berkata:

        Keren bang, saya kemaren coba buat aplikasi sederhana, tPi ketika saya rilis kok levwl api nya kurang tinggi katanya mas, gimana ya cara mengatasinya, mhon solusinya …maturnuwun

        • Menurut saya, ketika muncul pesan API kurang tinggi itu yg dimaksud adalah API HP/emulator mas tidak memenuhi syarat API minimal. Contohnya HP mas adalah KitKat tapi aplikasi yg dibuat minimal Lollipop.

          Solusinya adalah menurunkan minimumSDK pada file Gradle di Projek Android Studio.

  14. yudho berkata:

    Assalaamualaikum,

    Salam kenal Pak Aziz, terima kasih atas sharing ilmunya, semoga menjadi amal sholeh. Amiin.

  15. Azelia Lestari berkata:

    Pagi mas, mas bisa di bantu untuk tutorial API Gmail berbasis android mas? Terima Kasih

  16. Roby berkata:

    Mantap sekali pak, sangat rinci hehe. langsung saya coba ini.

  17. Sofwan berkata:

    Ada WA yg bisa di hubungi mas..

  18. Ridho Nasser berkata:

    bang, mantap tulisan abang, cuma saya ngasih kritik sedikit, pada gambar 5 abang bikin project dengan menggunakan empty activity, tapi pada gambar ke-6 pada toolbar di atas terdapat kata “Project Baru”.
    itu gimana bang? sedangkan abang ga bikin step membuat kata2 tersebut. Terima Kasih bang.

  19. Andreas Boy berkata:

    Mas, bisa bikin contoh aplikasi pembelajaran ga? Contohnya kita bikin materi berisi pelajaran biologi gitu…
    Perlu bgt nih buat bahan skripsi..
    Makasih.

  20. rane berkata:

    mas, bisa buat aplikasi sistem pakar di android?

    • Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, bentuk adopsinya tentu saja berupa program. Jika mas berminat dengan sistem pakar, maka mas harus merancang sistem yg akan dibuat, kemudian menterjemahkan menjadi algoritma program. Setahu saya, bahasa pemrograman yg sering dipakai justru Python. Sedangkan, bahasa pemrograman yg dipakai di Android (Android Studio) biasanya adalah Java/Kotlin dan Pada Unity adalah C#/JavaScript.

      Sebenarnya mas tidak perlu buat aplikasinya dulu, tapi bisa membuat algoritma program yg dibuat pakai compiler/ide. Jika sudah jadi, barulah dipindah ke Aplikasi. Terkait bisa atau tidaknya sistem pakar diaplikasikan di Android, tentu saja jawabannya adalah bisa.

  21. Wawan berkata:

    Assalamualaikum wr wb,

    Salam hormat, Mas Hadi sy mau membuat sebuah aplikasi sosial kewargaan (RW/RT), didalamnya terdapat data pengurus RW/RT, menampilkan pemasukan/penggunaan dana Kas serta online pembayaran IPL.

    apakah bisa di buat dengan Android Studio. tks

    • Waalaikum salam pak.
      Salam hormat kembali,

      Apabila bapak berkeinginan membuat aplikasi/sistem yang memasukkan dan menampilkan data (misal data pengurus RW/RT), maka bapak memerlukan Database. Apabila database tersebut disimpan di dalam satu perangkat saja, maka bapak perlu database internal (biasanya dgn SQLite). Namun, apabila data tersebut perlu diakses oleh banyak orang maka bapak perlu server untuk menyimpan database, sehingga dapat diakses bersama melalui internet.

      Bapak bisa menggunakan hosting gratis dahulu sebagai media penyimpanan database dan pembuatan API (protokol aplikasi). Tapi, kalau saya pribadi lebih menyukai Firebase. Karena selain gratis 100000 akses dokumen/hari, kita juga tidak perlu memikirkan pembuatan database ataupun API. Karena tinggal pakai saja di sisi Android Studio. Bahkan, kita dapat membuat login dengan email, facebook, google, dsb dengan API yg disediakan.

      Terkait pembayaran IPL secara online, itu tergantung metode pembayaran yg digunakan. Apabila dengan transfer bank, bapak bisa menggunakan API milik bank terkait (contoh API BCA). Apabila dengan Paypal maka bapak menggunakan API Paypal. Dan motode yang lain. Jika cara tersebut terlalu sulit, bapak bisa mensiasati dengan cek data secara manual, misal warga yg sudah transfer mngirim bukti kemudian bapak cek melalui internet/mobile banking.

      Pertanyaan “apakah bisa di buat dengan Android Studio?” jawabannya adalah bisa.

  22. Achmad berkata:

    Mas, knapa gradle project sync failed ya?
    Kalau spt ini, bs diteruskan gak yah mas?

  23. sohan berkata:

    min saya memilih layout selain empty activity pada error. basic activity dll pada error di bagian app bar. errornya tidak muncul tulisan (biasanya nama aplikasi) “myapplication”. apa ada solusi?

  24. Assalamu’alaikum Mas. Salam kenal dan salam hormat.

    Nama saya Muhammad Rayhan Afrizal dan saya seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK jurusan TKJ. Walau saya TKJ, saya ingin mencoba segala sesuatu yang lain dan saya sudah mencobanya satu, seperti editting yang sudah saya terapkan di channel Youtube saya dengan nama channel Rayhan Afrizal. Dan saya sebenarnya dari dulu sudah ingin belajar program dan ingin membuat suatu aplikasi. Jadi di sini saya punya beberapa pertanyaan dan mohon dijawab jika berkenan :

    1. Untuk aplikasi online, apakah butuh sebuah server? Harus butuh banyak orang kah untuk menghandle data2 yang masuk? Dan apakah untuk aplikasi online memiliki sistem penukaran data internet yang dapat ditukarkan menjadi dolar secara otomatis? (kalo yang ini saya hanya penasaran karena saya masih mencari2 apa yg membuat game online menjadi laku)
    2. Di samping ingin membuat aplikasi, saya ingin membuat program yang saya rancang sendiri untuk kebutuhan saya sendiri, misalnya seperti sistem AI Program yang dapat menjawab dan melakukan semua perintah yang saya katakan melalui voice, typing, dan camera detected (untuk mencari informasi dari suatu gambar). Apa saja yang harus dipelajari untuk membuat program ini dan butuh banyak aplikasi program kah untuk membuat aplikasi ini? Dan butuh server juga kah?
    3. Misalnya saya ingin membuat suatu aplikasi untuk membantu pekerjaan orang tua saya di rumah atau saya menawarkan perancangan aplikasi buatan saya ke perusahaan dimana Ayah saya bekerja, apakah perlu diupload ke platform online? (misalnya Playstore atau App Store)
    4. Jika saya sudah mahir dalam coding, bisakah saya membuat suatu sistem keamanan untuk melindungi data-data dan segala hal privasi yang saya miliki di perangkat saya?
    5. Aplikasi program apa saja yang wajib dipelajari?

    Hanya itu yang ingin saya tanyakan dan saya akan sangat berterima kasih sekali jika Mas mau menjawabnya. Karena saya juga ingin menjadi seorang Programmer, Edittor, dan IT. Kebetulan saya nemuin artikel ini dan saya bersyukur sekali ternyata ini bermanfaat buat saya. Untuk materi program, kalo boleh tau kapan saja Mas menulis agar saya bisa selalu memantau materi ini di saat saya mendapatkan notifikasinya?

    Terima kasih banyak. Saya harap website ini bisa lebih berkembang dan bisa menginspirasi seluruh dev dan programmer di Indonesia untuk selalu giat berusaha! Salam hormat saya!

    Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

    • Wa’alaikum salam.
      Salam kenal juga.

      Saya senang sekali karena adik sangat antusias belajar. Berikut jawaban saya sesuai nomor:

      1a. Untuk aplikasi online harus pakai server.
      1b. Untuk menangani data tergantung kerumitan dan penggunaan server. Jika masih awal2 biasanya hanya 1-2 orang cukup, namun untuk skala besar bisa membutuhkan lebih dari 10 orang atau lebih.
      1c. Ya ada. Biasanya dalam bentuk penyewaan/jasa antar kedua belah pihak. Misal iklan Facebook atau AdSense pasti mereka menjual data pengguna sebagai target pasar.

      2a. “AI Program yang dapat menjawab dan melakukan semua perintah yang saya katakan melalui voice, typing, dan camera” itu semacam Google, Siri, Alexa, dsb. Tingkatnya terlalu sulit dan butuh sumber daya besar. Saya sarankan agar belajar/mendalami salah satunya, misal pengolahan citra gambar mendeteksi warna atau bentuk objek.
      Saya menuliskan contoh pengolahan citra untuk memilah warna. Buka melalui link berikut https://www.muhaaz.com/2017/10/tutorial-membuat-converter-image-to-ascii-dengan-java-image-processing/
      2b. AI itu sangat luas dan tampak menarik. Untuk belajar AI saya sarankan belajar algoritmanya dulu. Berikut yang perlu dipelajari pengertian atau kodenya (dapat dicari di google atau youtube):

        – Algoritma searching seperti blind/uninform search dan heuristik.
        – Propositional Logic, First Order Logic, dan Fuzzy System.
        – Decision Tree Learning.
        – Jaringan Syarat Tiruan (JST/ANN).
        – Algoritma Genetika.

      Pelajari tipe dari AI: Machine Learning, Neural Network, dan Deep Learning.
      Saya juga menyarankan untuk belajar bahasa inggris, karena banyak referensi dari luar.

      2c. Tidak wajib pakai server. Karena bisa dijalankan di komputer, robot, mesin, atau HP.

      3. Tergantung permintaan klien. Untuk penawaran bisa dilakukan demo aplikasi. Jika klien meminta untuk disebarluaskan ke masyarakat maka perlu diupload ke Store. Namun apabila untuk keperluan internal perusahaan maka tidak perlu lewat store, bisa pakai link khusus.

      4. Orang yg mahir koding ‘belum tentu’ paham tentang sistem keamanan, itu ada spesialisnya sendiri. Ibaratnya tukang bangunan belum tentu paham membuat rumah yang tahan gempa atau tidak mudah kebobol maling. Melindungi data tidak hanya dari sisi kode, tapi juga harus paham tentang database, server, i/o, protokol, environment, layer, dan perangkat fisik.

      5. Saya kurang paham dengan maksud pertanyaan “aplikasi program”.
      Kalau maksudnya bahasa pemrograman, ya tergantung spesialisasi apa yg diinginkan. Misal ingin belajar AI maka sebaiknya belajar Python. Jika Android maka Java/Kotlin. iOS maka swift. Web frontend maka JS. dll
      Jika maksudnya adalah IDE, ya itu tergantung bahasa pemrograman yg dipelajari. Tapi tidak wajib, karena programmer yang handal pasti bisa menulis program dengan notepad sekalipun. IDE hanya alat bantu untuk memudahkan. Contoh IDE itu seperti Visual Studio, Android Studio, Eclipse, NetBeans, dan variasi Intellij. Kalau saya lebih suka IntelliJ.

  25. Sabri berkata:

    Assalaamualaikum,

    Salam kenal Pak HADI, terima kasih atas sharing ilmunya, semoga menjadi amal sholeh. Amiin.

    Mas, knapa gradle project sync failed ya
    emulator nya ga bisa tampil pdhl data saya seetting AVD sesuai referinsi dari mas hadi jg..maksih

  26. Yahya berkata:

    Om jika membuat tombol play stop lebih dari satu dan di satu halaman dengan lebih dari satu suara gimana? Terima kasih

  27. Ricky Soerachman berkata:

    Assalamualaikum bang,
    Bang, mohon tutorial yg lengkap untuk membuat program object detection yang ada di dalam sample OpenCV dong..soalnya kalau lihat tutorial adari orang bule yg di youtube itu saya implementasikan ke Android studio semuanya gagal…Pesen error nya smua bahasa inggris, sy jd pening ngartikannya bang…

  1. 28 Desember 2016

    […] Tutorial Membuat Project Android Studio Super Lengkap (API, SDK, Layout, Name). […]

  2. 31 Desember 2016

    […] Tutorial Membuat Aplikasi di Android Studio Super Lengkap (API, SDK, Layout, Name) […]

  3. 7 Desember 2017

    […] Tutorial Membuat Aplikasi di Android Studio Super Lengkap (API, SDK, Layout, Name) […]

  4. 30 Juni 2018

    […] Buat project baru di Android Studio. Buka artikel berikut untuk penjelasan lengkap mengenai Tutorial membuat Project Baru. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *